Template by:
Free Blog Templates

Kamis, 10 November 2011

Kesi Jatuh Cinta


Kesi Jatuh Cinta

Pusat Rehabilitasi Orangutan selalu punya banyak cerita menarik untuk dikisahkan. Kali ini cerita datang dari Pusat Rehabilitasi Nyaru Menteng, Kalimantan Tengah. Mengisahkan satu anak orangutan yang terus mencoba belajar menggali kebiasaan alamiahnya, untuk dijadikan bekal kembali ke alam bebas. Masih ingat Kesi, orangutan yang terputus tangannya?
Saat ini Kesi berada di grup 4 sekolah hutan Proyek Reintroduksi Orangutan Nyaru Menteng bersama dengan Duta, Mohito, Teweh dan beberapa orangutan lainnya. Ada sedikit perubahan yang terjadi di sekolah hutan Proyek Reintroduksi Orangutan Nyaru Menteng terutama dalam pembagian grup karena grup sekolah hutan yang dulu terdiri dari 17 grup sekarang hanya terdiri dari 9 grup saja dimana dalam setiap grup terdiri dari 14-20 orangutan. Sebenarnya komposisi jumlah orangutan antara grup yang dulu dan yang sekarang hampir sama saja karena dulu dua grup sekolah hutan dijadikan satu dan ditempatkan di area yang sama dimana jumlah orangutan dalam dua grup yang disatukan tersebut hampir sama dengan jumlah orangutan yang ada dalam satu grup sekarang. Adapun perubahan jumlah grup ini hanya untuk mempermudah teknisi dan baby sitter mengenali dan mengelompokkan orangutan-orangutan yang saat ini berada di sekolah hutan. Dan perubahan ini menyebabkan Kesi yang dulu berada di grup 7-8 sekarang berada di grup 4.
 Sekarang Kesi sedang jatuh cinta dengan Pundu, Pundu adalah orangutan yang berada di grup 9. Walaupun letak grup 4 cukup jauh dari grup 9, Pundu dan Kesi sering bertemu di grup lain karena mereka berdua sering melarikan diri dari grupnya. Jika Kesi berada di dekat Pundu tidak ada baby sitter atau teknisi yang boleh mendekati Kesi. Hanya Pundu yang boleh dekat dengan Kesi. Jika ada yang mendekati Kesi, Pundu akan langsung mengusirnya.  Setiap bertemu dengan Kesi, Pundu akan langsung menyambut kedatangan Kesi walaupun pada saat itu Pundu sedang makan ataupun melakukan aktifitas lain. Seperti yang terjadi pada saat Pundu sedang bermain di grup 3 dan kebetulan Kesi juga berkunjung ke grup 3. Begitu Pundu melihat Kesi yang sedang bergelantungan di atas pohon sambil mendekati orangutan-orangutan di grup 3 Pundu langsung menyambut Kesi dan naik ke atas pohon tempat Kesi berada. Di pohon itu Pundu mengajak Kesi bermain tapi ternyata Kesi cepat bosan bermain di atas pohon. Kesi kemudian turun dan mencari makanan yang ada di atas tanah dan Pundu dengan setia mengikuti kemanapun Kesi pergi.

Kesi hanyalah satu dari sekian banyak kisah tentang orangutan yang mencoba kembali menemukan nalurinya untuk menuju kebebasan. Kebebasan Kesi dan teman-teman di pusat rehabilitasi tidak akan terwujud tanpa uluran tangan kita semua, kerabat terdekatnya.

Source: http://bosfoundation.wordpress.com/2010/08/19/kesi-jatuh-cinta/

| Free Bussines? |

0 komentar:

Photobucket